Cara Mematikan Update Windows 10

Posted on

Cara Mematikan Update Windows 10 – Halo Sobat Aptoide, balik lagi dengan mimin yang tidak bosan-bosannya untuk memberikan informasi terbaru seputar aplikasi, game dan tips trik terpopuler saat ini.

Sebelumnya mimin pernah membagikan cara mematikan windows defender di windows 10 Pada kesempatan kali ini mimin mau merekomendasikan sebuah tips yang banyak dicari oleh pengguna komputer yaitu cara mematikan update windows 10. Penasaran seperti apa? langsung saja simak ulasan dibawah ini.

cara-mematikan-update-windows-10

Perangkat komputer memiliki sejuta kegunaan mulai dari hal pekerjaan, pendidikan bahkan hiburan. Dari perangkat komputer tentunya Sobat tidak terlepas dari namanya sistem operasi salah satunya adalah windows.

Windows sudah menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh orang orang mulai dari personal maupun kantoran. Tidak jarang kita melihat banyak orang yang menggunakan sistem operasi ini.

Melihat perkembangan sistem operasi windows sekarang sudah sangat memantapkan diri pada sistem operasi windows 8 dan 10. Karena kini pengguna windows 7 sudah tidak bisa mendapatkan update terbaru mulai fitur dan keamanan.

Mungkin pembaharuan yang sering dirasakan oleh pengguna adalah windows 10. Sering kali windows 10 menjadi langganan pembaharuan. Mulai dari pembaharuan kecil bahkan pembaharuan besar yang bisa menghabiskan data Sobat.

Hal ini yang sangat mengganggu bagi pengguna yang tidak memiliki data seluler yang banyak. Terlebih perangkat komputer atau laptop mereka yang harus selalu terhubung ke internet.

Tanpa kita sadari data seluler kita akan habis tiba-tiba karena update windowsnya aktif. Nah, sebenarnya Sobat bisa mematikan automatic update tersebut loh. Sobat bisa mencari cara mematikan update otomatis disini. Untuk mengetahuinya lebih jelas terus simak ulasan dibawah ini.

Dampak Mematikan Windows Update

Sebelumnya lanjut, kenali terlebih dahulu dampak mematikan windows update mulai dari positif hingga negatif yang mimin rangkum sebagai berikut.

Rentan Terkena Virus

Tentunya melakukan cara mematikan update windows 10 permanen memberikan dampak negatif loh Sobat Aptoide. dampak negatifnya rentan terkena berbagai serangan virus yang semakin jahat. Karena tentunya terdapat update keamanan sistem didalamnya.

Tidak Bisa Menikmati Fitur Terbaru

Tentu saja dampak negatif yang dirasakan Sobat tidak akan mendapatkan fitur terbaru dari windows 10. Pada umumnya selalu terdapat penyempurnaan dan juga penambahan fitur yang akan sangat bermanfaat nantinya.

Dampak Menghidupkan Windows Update

Menghidupkan windows update terdapat kelebihan dan juga kekurangan loh. Berikut ini adalah dampak dari menghidupkan windows update.

Baca Juga :   Mobile Legend Mod

Menghabiskan Kuota Internet

Dampak utama jika kita menghidupkan Update Otomatis Windows yang berjalan pada komputer atau laptop kita adalah Menghabisi Kuota Tanpa ampun.

Bagi Sobat yang memiliki Wifi unlimited pribadi dirumah tentunya tidak akan masalah, namun itu akan bermasalah bagi pengguna yang memiliki kuota terbatas.

Saat proses update kita tidak akan mengetahui jika sedang berjalan di backround. Kita cuma dapat mengetahuinya saat telah selesai update dan juga akan ketahuan jika di restart.

Atau pun disaat ada notifikasi bahwa kuota internet kita telah habis. Hehe… Oleh sebab itu, hal ini bisa menjadi salah satu alasan untuk langsung mematikan update otomatis Windows 10.

Mengganggu Aktivitas

Siapa sih yang tidak terganggu jika kita sedang bekerja melalui laptop atau PC yang mengharuskan kita terhubung dengan internet. Tiba-tiba tanpa kita sadari kuota kita habis beberapa saat kita menghubungkan internet ke PC.

Hal ini yang admin Aptoide rasakan, admin juga merasa terganggu jika tiba -tiba data seluler mimin habis karena tersedot untuk update windows. Tidak mungkin kita membeli kuota lagi dan bisa saja kemungkinan data seluler tersebut tersedot kembali jika update windows belum selesai.

Mengakibatkan Black Screen

Tanpa kita disadari, ternyata proses automatic update yang terjadi di windows 10 ini termasuk salah satu hal yang bisa mengakibatkan terjadinya Black Screen di windows 10.

Loh kok bisa, min?… Nah jadi begini, disaat proses update otomatis selesai pengguna lakukan. Maka, untuk user yang tidak men-onaktifkan Restart Otomatis sesudah update selesai untuk menginstal hasil dari update tersebut, hal ini dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu.

Alasannya, disaat Sobat Aptoide sedang memakai laptop dengan kegiatan multi-tasking yang cukup banyak. Dan tiba-tiba laptop atau komputer terjadi restart secara otomatis.

Maka disaat proses sedang booting kembali, Black Screen akan kemungkinan terjadi diakibatkan proses instal hasil dari update windows yang tidak berjalan dengan semestinya.

Cara Mematikan Update Windows 10

Tidak berbeda seperti para pendahulunya, pada Windows 10 tersedia juga opsi Windows Update untuk bisa melakukan pembaruan sistem operasi. Yang menjadi perbedaannya, cara untuk mematikan automatic update tidak semudah yang ada pada versi Windows sebelumnya.

Terdapat cara untuk bisa mematikan automatic mulai dari sementara maupun cara mematikan update windows 10 secara permanen. Nah Ini adalah beberapa cara mematikan windows update wuauserv sebagai berikut.

Mematikan Melalui Windows Update

cara pertama yang akan mimin berikan yaitu cara disable windows 10 update permanently melalui layanan services. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama silahkan buka control panel.
  • Lalu pilih system and security -> Administrative tools.
cara-mematikan-update-windows-10
  • Kemudian pilih services.
cara-mematikan-update-windows-10
  • Selanjutnya pilih windows Update, lalu pada dialog box windows update properties silahkan pilih disable pada status type.
cara-mematikan-update-windows-10
  • Selesai.
Baca Juga :   Cara Download Scribd Gratis

Cukup Mudah bukan untuk melakukan cara mematikan update windows 10 permanen. Apabila Sobat ingin mengatifkannya kembali bisa ubah seperti semula.

Mematikan Melalui Configure Automatic Updates

Nah, untuk langkah selanjutnya Sobat bisa melakukan cara lain melalui configure automatic updates.

Untuk melakukan langkah ini pastikan windows Sobat menggunakan versi Enterprise, Profesional dan Education. Berikut adalah cara mematikan windows update windows 10 permanent dibawah ini.

  • Langkah pertama, klik pada logo Windows pada keyboard dengan + R. lalu ketik pada dialog box “gpedit.msc” dan Klik Ok.
  • Selanjutnya silahkan pilih Computer Configuration lalu klik Adiministratice Templates.
  • Kemudian klik Windows Components dan klik Windows Update.
  • Langkah Terakhir Klik 2x Configure Automatic Updates, kemudian piilih Disabled dan klik Ok.

Mematikan Melalui Metered Connection

Tujuan utama mematikan update windows yaitu agar dapat mengatur sendiri apa saja fitur dan juga aplikasi yang ingin diperbarui. Kuota juga akan semakin hemat karena tidak setiap waktu Sobat akan bisa melakukan pembaruan.

Nah, terdapat cara yang sangat sederhana dan mudah sekali untuk Sobat yang sedang mencari cara mematikan update windows 10 2019. Syarat menggunakan cara ini yaitu jika Sobat menggunakan Wifi.

Kebanyakan pengguna laptop lebih menggunakan wifi sebagai aliran data pada laptopnya. Langsung saja berikut ini adalah langkah-langkah cara mematikan update windows 10 pro secara permanen dibawah ini.

  • Langkah pertama, Klik kanan pada SSID yang telah terkoneksi dengan laptop atau PC Sobat Aptoide, lalu klik properties.
cara-mematikan-update-windows-10
  • Klik Slidebar pada fitur Set as Metered Connection.
  • Dan kini Sobat dapat disable windows 10 update permanently.

Mematikan Melalu Menu Settings

Setelah mengetahui cara mematikan update windows 10 permanen, kini Sobat bisa melakukan cara mematikan auto update windows 10 home, profesional dan lain lain dengan kurun waktu atau sementara.

Walaupun sementara, cara ini sangat baik jika Sobat ingin mengupdate jika sudah memiliki kuota. Hanya menggunakan cara yang cukup sederhana ini Sobat bisa langsung menerapkannya. Nah langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Langkah pertama klik logo windows dan klik settings. Jika tidak terdapat menu settings silahkan melakukan pencarian pada kotak pencarian dengan kata kunci “settings”.
  • Jika Sobat sudah memasuki tampilan settings, lalu pilih Update & Security.
cara-mematikan-update-windows-10
  • Sobat akan masuk ke tampilan update & security.
  • Tahap terakhir pilih windows update dan klik pause update.

Untuk melakukan cara mematikan windows installer ini hanya akan menghentikan update otomatis selama beberapa hari saja, dan Sobat harus mengunduh update terbaru sesudah periode tersebut berakhir apabila Sobat masih ingin menghentikan update otomatis.

Baca Juga :   Custom Rom Xiaomi Redmi 4X

Sobat bisa melakukan cara menghentikan update windows 10 yang sedang berjalan jika tiba tiba telah berlansung update otomatisnya. Dan juga bisa mengecek sudah berapa fitur update yang di download. Selain itu, akan secara otomatis menghilangkan notifikasi update windows 10.

Mematikan Windows Update Dengan CMD

Cara selanjutnya yaitu , nah langsung saja Sobat bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Langkah pertama buka Commmand Prompt
  • Lalu pada klik kanan dan pilih Run As Administrator.
  • Salinlah perintah dibawah ini.
  • [takeown/f"%windir%\System32\UsoClient.exe"*/a] (Ubah * menjadi spasi) lalu tekan Enter.
  • [icacls"%windir%\System32\UsoClient.exe" /inheritance:r/remove"Administrators" "AuthenticatedUsers""Users""System"] (Ubah * menjadi spasi) lalu tekan enter.
  • Selesai. Kini windows update sudah dinonaktifkan secara permanen.

Mematikan Windows Update Menggunakan Aplikasi

Sebelumnya Sobat bisa melakukan secara langsung maupun cmd, namun cara tersebut terlebih bisa dikatakan ribet. Namun dengan cara ini Sobat bisa dengan cepat mematikan update windows.

Apalagi jika Sobat tidak ingin berlama lama mematikan windows update. Sobat bisa menggunakan aplikasi mematikan update windows 10 yang bernama win update stop. Langsung saja langkah-langkahnya cara mematikan windows update dengan aplikasi bisa ikuti dibawah ini.

  • Langkah pertama silahkan unduh aplikasi win update stop pada situs resmi novirusthanks*org, ukurannya hanya 2MB saja.
  • Jika sudah mengunduhnya, silahkan install dan buka aplikasi.
  • Akan muncul tampilan utama dan yang harus Sobat lakukan hanya klik disable.
  • Selesai.

Cukup mudah bukan menggunakannya? Nah, salah satu kelebihan dari aplikasi ini Sobat bisa loh menerapkannya ke berbagai versi window. Jadi Sobat tidak perlu pusing untuk mencari cara mematikan windows update windows 8 atau cara menonaktifkan update otomatis windows 7.

Kesimpulan dan Penutup

Dari beberapa cara menghentikan working on updates tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu mematikan windows update ataupun memiliki alasan lain seperti tidak ingin memberatkan laptop atau PC.

Demikian artikel tentang cara mematikan update windows 10, semoga dapat bermanfaat untuk Sobat dan jangan lupa untuk terus dukung mimin dengan cara share artikel ini ke teman atau sosial media lainnya. Sekian dari admin dan sampai jumpa.

Cara apa saja yang bisa saya untuk lakukan cara mematikan update windows 10?

Sobat bisa menggunakan 2 cara yaitu secara langsung dan menggunakan bantuan aplikasi.

Apakah sulit untuk mematikan windows update?

Tentu saja tidak, Sobat bisa melakukan cara tersebut dengan cepat dan mudah.

Bisakah saya mematikan update windows 10 secara permanen?

Tentu saja dengan mengikuti langkah-langkah pada artikel ini.

Artikel Aptoide Lainnya

Cara Mematikan Antivirus

Cara Kompres Video Dengan Mudah

Aplikasi Desain Baju Android/PC Terbaik