Apa Itu Root

Posted on

Apa Itu Root – Hai, selamat datang kembali dengan kami di Aptoide yang tentunya selalu memberikan sebuah Aplikasi, Game dan Tips trik terbaru serta terpopuler saat ini. Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas aplikasi ataupun game. Karena kita akan sharing tentang hal yang banyak orang jarang lakukan pada ponsel pintarnya, khususnya android. Penasaran, kan? Oke langsung saja kita simak ulasan dibawah ini ya. Oiya sebelum menyimak kembali, kami menyarankan agar tidak di skip artikel ini ya agar tidak ketinggalan informasi terbaru dari kami. Check this out!

apa-itu-root

Apakah Sobat pernah melihat ponsel teman Sobat berbeda dari biasanya? Seperti ROM dari OS tersebut yang tidak wajar, seperti android merek lain (bukan xiaomi) yang menggunakan tampilan layaknya MIUI dari Xiaomi? padahal hp tersebut bukan merek xiaomi. Nah, kok bisa ya? 😀 Yang kita tahu MIUI kan dibuat untuk Xiaomi. Mungkin beberapa orang yang paham tentang oprek ponsel tentu beramsumsi bahwa ponsel tersebut telah di root. Lah, root itu apa lagi ya? Akar pohon apa ya? haha. . . Dari pada membayangkannya kemana-mana, mari kita bahas sama sama hehe.

Apa Itu Root?

Sebelum mengenal apa itu root hp, perlu kita ketahui mengapa orang bisa sampai-sampai ingin me-root ponselnya. Terkadang, pengguna ponsel kurang merasa puas dengan ponsel yang dimilikinya. Tentunya berbeda sudut pandang orang yang suka oprek ponsel dengan pengguna biasa.

Pengguna biasa tentunya akan membeli ponsel lagi apabila bosan dengan tampilan ponsel yang dimilikinya. Namun berbeda dengan pengguna yang suka oprek ponsel, apabila bosan tentu mereka tidak akan membeli yang baru, namun merubahnya menjadi berbeda tanpa mengganti ponsel. Mengganti walpaper, tema? Mungkin bisa merubah tampilan, tetapi terdapat batasannya.

Baca Juga :   Parallel Space Pro

Apa itu root android? dari pertanyaan ini bisa disimpulkan yaitu Sobat memiliki kuasa atau kendali penuh terhadap sistem android. Terdengar seperti pembobol sistem hehe. . . Faktanya, dengan kita me-root ponsel kita akan mendapatkan kelebihan. Namun, disamping kelebihan itu, tentunya kita akan mendapatkan kekurangan ataupun dampak buruk terhadap ponsel kita yang nanti akan kita jelaskan dibawah.

Kelebihan dan Kekurangan Root

Sampai disini sudah bisa memahami apa itu root pada android? yang sudah kita jelaskan sebelumnya, me-root ponsel tentunya memiliki dampak baik dan buruk. Sebelumnya, kita akan mengetahui dampak buruknya atau hal fatal seperti beberapa fitur tidak berfungsi. Hal ini banyak terjadi apabila kita salah memilih tutorial root ponsel android. Karena tiap ponsel berbeda cara rootnya. Sebaiknya bergabung di grup ponsel tertentu untuk mendapatkan rincian cara root yang benar. Apabila Sobat ingin me-root ponsel, sebaiknya pikirkan beberapa hal berikut ini :

Kerusakan OS dan Hardware

salah satu hal yang terjadi dan sering di temukan apabila kita salah memilih cara root yaitu kerusakan yang fatal pada os. Hal ini sering kami temukan biasanya kerusakan biasa hanya stuck di logo ponsel. Namun, semua bisa diatasi karena banyak sekali grup ponsel yang menyediakan tuttorial yang aman. Ada juga kerusakan fatal yang langsung berefek ke hardware Sobat. Selain itu, terdapat kerusakan ringan yang di akibatkan root yaitu fungsi dari ponsel yang tergangg seperti wifi yang tidak bisa berfungsi, baterai mudah cepat habis, kamera tidak bisa bekerja dan masih banyak lainnya.

Disamping kemungkinan efek buruk yang didapat apabila Sobat me-root ponsel, terdapat pula banyak kelebihan yang akan didapatkan Sobat setelah melakukan root. Beberapa keuntungan yang bisa Sobat dapatkan sebagai berikut :

Hapus Aplikasi Bawaan

Tanpa Sobat sadari seringkali Sobat mengeluhkan hal ini yaitu aplikasi bawaan pada ponsel. Beberapa vendor telah menyematkan aplikasi-aplikasi bawaan yang menurut kita tidak penting pada smartphone pengguna.

Baca Juga :   Cara Download Lagu MP3
apa-itu-root

Tentunya, aplikasi ini menguras memori internal Sobat dan juga RAM pada smartphone Sobat. Sayangnya, Sobat tidak dapat menghapusnya karena aplikasi ini termasuk kedalam sistem. Root merupakan solusi apabila Sobat ingin menghapus aplikasi bawaan yang tidak diinginkan.

Restore dan Backup Aplikasi

Apabila Sobat ingin Smartphone tetap dalam kondisi yang baik yaitu dengan cara rutin melakukan Factory Reset. Tentunya akan repot apabila Sobat harus meng-install ulang seluruh aplikasi.

Cara yang paling mudah dan ampuh adalah dengan membackup semua aplikasi dengan menggunakan Titanium Backup. Tentunya apabila ingin menggunakan aplikasi ini Sobat harus me-root ponsel Sobat.

Kontrol CPU dan Kernel

Ini adalah hal yang dilakukan oleh gamer yang ingin mendapatkan performa yang lebih yaitu dengan melakukan overclock pada CPU smartphone Sobat. Overclock dapat diartikan dengan memaksa prosesor untuk bisa melakukan pekerjaannya hingga batas maksimalnya. Walaupun mendapatkan kinerja yang lebih baik, jangan terlalu sering melakukan ini karena dapat merusak hardware ponsel Sobat.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum me-root ponsel

  • Cari tahu terlebih dahulu apakah os resmi, firmware resmi ataupun costum untuk ponsel android Sobat tersebut tersedia, Apabila telah tersedia maka dampak buruk diatas mungkin tidak akan Sobat temukan.
  • Pilihlah cara root android yang kompatible dan tepat untuk ponsel dan tablet pc Sobat pakai saat ini.seperti yang kita ketahui apabila cara root android terbagi banyak cara. Untuk mendapatkan lebih detailnya bisa baca artikel beberapa cara root untuk ponsel android pada umumnya
  • Sebelum Sobat melakukan root, disarankan untuk back up atau pindahkan data Sobat ke penyimpanan seperti flashdisk atau komputer, Hal ini wajib dilakukan agar seluruh data kontak, aplikasi Sobat aman, jika terjadi kesalahan root android,Sobat dapat melakukan instalasi ulang os dan restore kembali semua data Sobat sebelumnya.
  • Pastikan ponsel Sobat maupun tablet yang Sobat pakai sebelum melakukan root mempunyai sisa baterai lebih dari 50%. Hal ini wajib karena sudah banyak sekali yang gagal proses root dan os android menjadi rusak karenan disebabkan yaitu baterai ponsel mereka lowbat saat melakukan proses root. Nah, ini yang membuat perangkat rusak.
Baca Juga :   Upgrade Kartu 3G ke 4G

Apabila dilihat dari penjelasan diatas mulai dari apa yang dimaksud dengan root atau apa itu root hp android sampai kelebihan dan kekurangannya. Apakah root itu berbahaya? Sebenarnya apabila Sobat melakukan cara tersebut dengan benar, maka akan berhasil. Lebih baik pertimbangkan juga kebutuhan yang Sobat inginkan apakah harus me-root ponsel Sobat. Sampai disini kita sudah paham bukan apa itu akses root?

Demikianlah artikel kami tentang apa itu root pada android, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Jangan lupa ya untuk terus dukung kami dengan cara share artikel ini agar dapat memberikan manfaat kepada semuanya. Apabila terdapat kekurangan atau kekeliruan dari artikel kami mohon untuk meninggalkan jejak komentar dibawah. Terima kasih.

F.A.Q

Apa dampak buruk selain malfungsi yang diakibatkan dari root android?

Tentu terdapat beberapa dampak yang terjadi yaitu Sobat akan kehilangan garansi dan juga tingkat keamanan ponsel yang menurun.

Apa keuntungan apabila kita me-root ponsel android?

Selain bisa menghapus aplikasi bawaan sistem, Sobat juga bisa Custom ROM yang lebih menarik dan ringan.

Jenis ponsel apa yang tidak disarankan untuk diroot?

Dilihat dari fungsinya untuk meningkatkan kinerja dan lain-lain. Ponsel high-end yang sudah memiliki banyak keunggulan dan spesifikasi yang mumpuni sebaiknya tidak untuk dijadikan root.

Artikel Aptoide Lainnya :

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G

Titanium Backup Pro

SD Maid Pro Apk

Lucky Patcher Apk